Tautan-tautan Akses

Turki Langsungkan Konferensi untuk Afghanistan di Istanbul


Menlu Turki Ahmet Davutoglu (kiri) dan Menlu Afghanistan Zalmay Rasoul di Konferensi untuk Afghanistan di Istanbul, Turki (2/11).

Menlu Turki Ahmet Davutoglu (kiri) dan Menlu Afghanistan Zalmay Rasoul di Konferensi untuk Afghanistan di Istanbul, Turki (2/11).

Pertemuan para diplomat perwakilan 14 negara di Turki, membahas isu keamanan dan pembangunan ekonomi Afghanistan menjelang penarikan pasukan internasional sebelum 2014.

Masa depan keamanan dan pembangunan ekonomi di Afghanistan menjadi pusat perhatian pada konferensi di Turki, sementara pasukan asing bersiap-siap meninggalkan Afghanistan sebelum akhir tahun 2014.

Para pejabat dari 14 negara dari kawasan setempat menghadiri pertemuan ini, berikut para wakil dari negara-negara Barat yang turut dalam misi NATO di Afghanistan. Mereka akan membicarakan keamanan regional, langkah kerjasama, serta usaha Afghanistan untuk mencapai solusi politik bagi konflik yang sudah berlangsung selama 10 tahun.

Sebagian diplomat sudah tak lagi berharap banyak mengenai apa yang dapat diharapkan dalam konferensi itu.

Konferensi ini berlangsung sehari setelah pertemuan puncak antara Presiden Afghanistan Hamid Karzai, Presiden Pakistan Asif Ali Zardari dan Presiden Turki Abdullah Gul.

Lebih dari 130 ribu pasukan asing di Afghanistan kini berada di Afghanistan, sebagian besar dari Amerika Serikat. NATO berencana untuk mengalihkan wewenang penuh keamanan kepada pasukan Afghanistan sebelum akhir tahun 2014.

XS
SM
MD
LG