Tautan-tautan Akses

Menlu AS: Turki Harus Perkuat Demokrasi untuk Maju


Menteri Luar Negeri Hillary Clinton menyampaikan pidatonya dalam Rapat Tahunan ke-30 Dewan America-Turki (31/10).

Menteri Luar Negeri Hillary Clinton menyampaikan pidatonya dalam Rapat Tahunan ke-30 Dewan America-Turki (31/10).

Menlu AS Hillary Clinton menyampaikan kepada Turki bahwa demokrasi akan menjadi kunci kemajuan negara tersebut.

Untuk dapat mewujudkan potensi sepenuhnya dari segi ekonomi maupun di gelanggang dunia, Turki harus memperkuat demokrasinya.

Demikian seruan Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton kepada Dewan Amerika-Turki di Washington. Ia menambahkan bahwa ekonomi Turki yang kuat bergantung pada pertukaran gagasan secara bebas dan kekuasaan hukum.

Ia mengatakan Amerika Serikat berharap proses reformasi undang-undang dasar Turki menghasilkan UUD yang menghormati HAM, termasuk di dalamnya, hak rakyat beribadah dengan bebas dan hak kelompok-kelompok minoritas untuk mempunyai suara.

Clinton juga mengatakan bahwa Turki harus memajukan perdamaian di kawasannya kalau Turki ingin berhasil. Ia mengatakan Amerika Serikat gusar oleh memburuknya hubungan antara Turki dan Israel, dan mengatakan hubungan mereka telah memberi manfaat kepada kedua negara dalam waktu yang lama.

Clinton menambahkan bahwa ketegangan antara Turki dan Cyprus juga memprihatinkan. Menlu AS ini berharap Turki juga dapat segera memperbaiki hubungannya dengan Armenia.

XS
SM
MD
LG