Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Asia Selatan Harapkan Perdamaian


Para pemimpin 8 negara Asia Selatan menuntaskan KTT dua hari di Maladewa, Jumat (11/11).

Para pemimpin 8 negara Asia Selatan menuntaskan KTT dua hari di Maladewa, Jumat (11/11).

Para pemimpin Asia Selatan mendorong India dan Pakistan untuk membuka 'babak baru' dalam hubungan mereka.

Beberapa negara Asia Selatan mendorong India dan Pakistan untuk memanfaatkan pembicaraan pekan ini yang bisa membuat kedua negara itu membuka "babak baru" dalam hubungan mereka.

ke-delapan anggota Asosiasi Asia Selatan untuk Kerjasama Regional (SAARC) hari Jumat menuntaskan KTT dua hari di Maladewa. Presiden Maladewa Mohamed Nasheed menyambut baik hubungan yang tampaknya menghangat antara ke dua negara bersenjata nuklir yang bersaing itu dan berharap kedua negara dapat terus memanfaatkan kemajuan yang dibuat sewaktu pembicaraan di resor Kepulauan Addu.

Perdana Menteri India Manmohan Singh dan Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani bertemu hari Kamis di sela-sela KTT SAARC. Singh memuji Gilani sebagai orang yang cinta damai. Kedua pemimpin juga berharap pertemuan-pertemuan di masa depan akan lebih produktif meskipun masih ada perbedaan pendapat mengenai terorisme, akses penggunaan air bersama, dan wilayah Kashmir di Himalaya yang disengketakan.

Hari Jumat, Perdana Menteri India Singh bertemu Presiden Afghanistan Hamid Karzai. Bulan lalu, Afghanistan menandatangani perjanjian kemitraan strategis dengan India untuk memperkuat kerjasama keamanan, perdagangan, serta pertukaran sosial dan budaya. India juga berjanji akan membantu melatih polisi dan tentara Afghanistan.

XS
SM
MD
LG