Tautan-tautan Akses

Warga Yunani Kembali Protes Pemotongan Anggaran


Bus touris melewati gedung parlemen Yunani sementara polisi membuat barikade bagi para demonstran di Athena.

Bus touris melewati gedung parlemen Yunani sementara polisi membuat barikade bagi para demonstran di Athena.

Sedikitnya 80 ribu orang mengikuti rapat umum hari Minggu di Athena, protes nasional terbesar selama hampir dua minggu terakhir.

Sebanyak 80.000 pengunjuk rasa yang marah hari Minggu memenuhi lapangan di Athena pusat dalam protes terbesar dalam beberapa pekan terhadap rencana pemerintah Yunani untuk memotong anggaran belanja lagi. Ribuan demonstrak berteriak "pencuri" sembari menudingkan jari mereka ke gedung parlemen.

Sebagian besar dari demonstran itu yang warga biasa Yunani marah karena diminta untuk berkorban lebih, mereka menuduh pemerintah gagal menciptakan pekerjaan lebih banyak dan tidak berbuat banyak dalam menindak penjahat pajak.

Rapat umum hari Minggu adalah protes nasional non-stop terbesar selama hampir dua minggu terhadap tindakan penghematan ekonomi.

Perdana Menteri George Papandreou dan Uni Eropa hari Jumat sepakat untuk memberikan dana talangan berikutnya yang disetujui tahun lalu senilai 160 milyar dolar.

Papandreou bertemu dengan anggota kabinetnya hari Senin untuk membicarakan rencana Uni Eropa mengenai langkah baru penyelamatan ekonomi keuangan Yunani, yang akan membutuhkan pemotongan anggaran belanja yang lebih banyak lagi.

XS
SM
MD
LG