Tautan-tautan Akses

Komunis Yunani Protes Rencana Penghematan Pemerintah


Para demonstran melakukan protes atas langkah penghematan pemerintah di depan gedung parlemen Yunani di Athena, Sabtu (18/6).

Para demonstran melakukan protes atas langkah penghematan pemerintah di depan gedung parlemen Yunani di Athena, Sabtu (18/6).

Sekitar 5.000 demonstran berpawai menuju parlemen Yunani menuduh pemerintah bersekongkol dengan lembaga kreditor untuk 'menipu rakyat'.

Ribuan pendukung partai komunis Yunani berbaris melalui ibukota, Athena, memprotes rencana penghematan pemerintah untuk mencegah supaya negara itu tidak mampu membayar utangnya yang sangat besar.

Sekitar 5.000 demonstran berpawai menuju parlemen Yunani hari Sabtu, dipimpin ketua partai komunis Alex Papariga, yang menuduh pemerintah bersekongkol dengan lembaga kreditor untuk "menipu rakyat." Pawai di ibukota Athena itu berakhir tanpa insiden.

Yunani dilanda aksi protes hampir setiap hari selama berminggu-minggu menentang rencana Perdana Menteri Sosialis George Papandreou menaikkan pajak, memangkas anggaran dan menjual aset negara yang disyaratkan kreditor internasional sebagai imbalan atas pinjaman darurat.

Papandreou merombak kabinetnya hari Jumat, mengangkat saingan utamanya sebagai menteri keuangan guna meredakan kecaman partai atas penanganannya terhadap krisis. Pemerintahannya yang baru menghadapi mosi tidak percaya hari Selasa di parlemen, dimana partai berkuasa dengan mayoritas tipis, menguasai 155 dari 300 kursi.

Jika pemerintah bisa bertahan dari mosi itu, Papandreou diperkirakan akan meminta persetujuan parlemen atas paket penghematan akhir bulan ini. Serikat buruh Yunani mengancam melakukan aksi mogok selama 48 jam bila itu terjadi.

Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos akan melakukan pertemuan pertamanya dengan menteri keuangan lain dari zona euro, yang beranggotakan 17 negara, di Brussels hari Minggu.

XS
SM
MD
LG