Tautan-tautan Akses

PM Yunani Siap Adakan Referendum untuk Potong Anggaran Lebih Jauh


Perdana Menteri Yunani George Papandreou siap melakukan langkah-langkah penghematan anggaran.

Perdana Menteri Yunani George Papandreou siap melakukan langkah-langkah penghematan anggaran.

Papandreou mengatakan kepada Kabinetnya hari Senin bahwa ia akan mengusahakan konsensus seluas mungkin bagi rencananya itu.

Perdana Menteri Yunani George Papandreou mengatakan ia bersedia mengajukan pertanyaan kepada rakyat mengenai pemotongan lebih jauh anggaran pemerintah dan langkah penghematan lain.

Papandreou mengatakan kepada Kabinetnya hari Senin bahwa ia akan mengusahakan konsensus seluas mungkin bagi rencananya dan bersedia mengadakan referendum.

Saat ini, Perdana Menteri sedang mencari dukungan dari para anggota Kabinetnya untuk pemotongan milyaran dolar dari belanja pemerintah dan kenaikan pajak sebagaimana dituntut oleh Uni Eropa.

Sebagian anggota partai Sosialis yang berkuasa kurang menyambut gagasan itu sementara puluhan ribu orang warga biasa Yunani telah mengadakan demonstrasi harian – karena marah bahwa mereka diminta untuk melakukan lebih banyak pengorbanan.

Uni Eropa sedang mempertimbangkan satu lagi pertolongan ekonomi bagi Yunani setelah paket pertolongan bersama tahun lalu dengan Dana Moneter Internasional tidak membantu Yunani pulih dari masalah hutangnya yang sangat besar.

XS
SM
MD
LG