Tautan-tautan Akses

Menteri-Menteri Uni Eropa Gagal Capai Kesepakan bagi Yunani


Menkeu Perancis Christine Lagarde (kiri) berbicara dengan Menkeu Yunani George Papaconstantinou (kanan) dalam pertemuan Menkeu Uni Eropa di Luxembourg (foto: dok.).

Menkeu Perancis Christine Lagarde (kiri) berbicara dengan Menkeu Yunani George Papaconstantinou (kanan) dalam pertemuan Menkeu Uni Eropa di Luxembourg (foto: dok.).

Para menteri gagal menyepakati dana talangan berikutnya yang akan diberikan jika parlemen Yunani menyetujui paket reformasi ekonomi.

Menteri-menteri keuangan UE sekali lagi mengatakan kepada Yunani bahwa dana talangan penting berikutnya hanya akan diberikan jika parlemen Yunani menyetujui reformasi ekonominya.

Para menteri mengakhiri pertemuan mereka di Luksemburg Senin pagi tanpa kesepakatan akhir untuk pengucuran dana talangan berikutnya sebesar 17 milyar dolar dari total dana talangan 160 milyar dolar yang telah disepakati Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Para menteri itu mengatakan akan menerima apa yang mereka sebut pemunduran "informal sukarela" oleh para pemegang obligasi Yunani - yang berarti mereka yang memiliki surat hutang Yunani akan menunda tuntutan pembayaran.

Sementara itu, menteri keuangan dari Kelompok Tujuh melakukan pembicaraan darurat melalui telepon Minggu malam membahas langkah-langkah untuk membantu Yunani menghindari masalah lebih lanjut.

Perdana Menteri Yunani George Papandreou memohon parlemen untuk menyetujui paket pemotongan anggaran belanja dan kenaikan pajak tambahan seperti yang diminta oleh Uni Eropa dan IMF.

Papandreou hari Minggu mengatakan kepada anggota parlemen bahwa Yunani menghadapi kebangkrutan dan masalah hutang jika negara itu tidak mendapat angsuran berikutnya dari dana talangan tahun 2010.

Jutaan warga Yunani marah bahwa mereka diminta untuk berkorban lebih, dan memicu protes non-stop selama berminggu-minggu.

XS
SM
MD
LG