Tautan-tautan Akses

Penangkapan Kepala IMF Rumitkan Pembicaraan soal Utang


Kepala Dana Moneter Internasional (IMF), Dominique Straus Kahn tampil di pengadilan Manhattan, New York mendengarkan pembacaan dakwaan atas kasus pelecehan seksual (16/5).

Kepala Dana Moneter Internasional (IMF), Dominique Straus Kahn tampil di pengadilan Manhattan, New York mendengarkan pembacaan dakwaan atas kasus pelecehan seksual (16/5).

Penangkapan Strauss-Kahn akan merumitkan usaha untuk mencarikan pemecahan masalah utang yang dialami Yunani dan negara-negara lain.

Penangkapan kepala Dana Moneter Internasional karena tuduhan serangan seksual kemungkinan akan merumitkan usaha untuk mencarikan pemecahan terhadap masalah utang yang dialami Yunani dan negara-negara lain.

Dominique Straus Kahn menampik tuduhan itu. Ia dijadualkan membicarakan bantuan untuk Portugal, Yunani dan negara-negara lain dalam sebuah pertemuan Senin dengan para menteri keuangan negara-negara yang mempergunakan euro.

Yunani sudah menerima paket bantuan bernilai 155 miliar dolar, dan berita mengatakan Strauss Kahn diperkirakan akan mendukung bantuan tambahan untuk membantu negara yang dilanda kesulitan itu. Ia juga memainkan peran penting dalam membantu Irlandia dan Portugal mengatasi masalah utang mereka.

Masa jabatan Strauss Kahn selama lima tahun akan berakhir pada 2012. Tidak jelas siapa yang akan menggantikan dirinya. Biasanya, IMF diketuai seorang pejabat dari Eropa, sementara Bank Dunia dipimpin orang Amerika.

Pengecam dari sistem yang kini berlaku mengatakan pilihan kepemimpinan itu harus didasarkan pada kemampuan dan melibatkan kandidat-kandidat dari wilayah lain, termasuk negara-negara baru muncul yang memainkan sebuah peran besar dalam ekonomi global.

XS
SM
MD
LG