Tautan-tautan Akses

Kondisi Fiskal Yunani Dinilai Positif oleh Uni Eropa dan IMF


PM Yunani George Papandreou sedikit lega atas penilaian positif UE dan IMF.

PM Yunani George Papandreou sedikit lega atas penilaian positif UE dan IMF.

Penilaian yang diumumkan Jumat itu setelah pemeriksaan terhadap kondisi keuangan Yunani oleh Uni Eropa, Bank Sentral Eropa dan IMF.

Kementerian Keuangan Yunani menyatakan pemeriksaan terhadap keuangan negara itu oleh Uni Eropa, Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF) menunjukkan tanda positif.

Pembicaraan hari Jumat yang melibatkan institusi-institusi itu di Athena, bertujuan mengukur sejauh mana kemajuan yang dibuat Yunani dalam merombak perekonomiannya, sesuai dengan ketentuan pengucuran paket dana talangan 159 miliar dolar tahun lalu dari ketiga institusi tersebut. Juga dibahas dalam pertemuan itu adalah rencana empat tahun dengan langkah-langkah penghematan tambahan dan program swastanisasi untuk mengurangi defisit dan utang Yunani.

Pemerintah menyatakan rincian mengenai rencana tersebut akan dibahas dalam beberapa hari mendatang dan perlu mendapat persetujuan terlebih dulu dari kabinet .

Sebelumnya, para demonstran memblokade akses ke Kementerian Keuangan, tempat perundingan dilangsungkan. Sekitar 200 orang dari serikat pekerja yang berafiliasi dengan partai komunis menggantungkan spanduk setinggi lima lantai bangunan yang menyerukan pemogokan umum untuk memprotes rencana penghematan terbaru pemerintah.

Para kreditor internasional telah menekan Athena agar memberlakukan pengawasan keuangan yang lebih ketat dan agar mempercepat penjualan aset-aset pemerintah untuk membantu memangkas utang Athena.

XS
SM
MD
LG