Tautan-tautan Akses

PM India Desak Aktivis Anti-Korupsi Akhiri Mogok Makan


Aktivis anti-korupsi India, Anna Hazare berbicara kepada para pendukungnya di lapangan Ramlila, New Delhi pada hari ke-10 aksi mogok makan Hazare (25/8).

Aktivis anti-korupsi India, Anna Hazare berbicara kepada para pendukungnya di lapangan Ramlila, New Delhi pada hari ke-10 aksi mogok makan Hazare (25/8).

Singh memuji Hazare dan menghargai idealisme aktivis itu, serta mendesak para legislator mempertimbangkan semua opsi agar India bebas korupsi.

Perdana Menteri India Manmohan Singh menghimbau aktivis terkemuka anti korupsi agar mengakhiri mogok makan yang telah berlangsung 10 hari. Dia juga mendesak para wakil rakyat agar mempertimbangkan semua opsi untuk menjadikan India bebas korupsi.

Berbicara di parlemen hari Kamis Singh mengatakan ia ingin agar pemerintahnya membahas semua proposal reformasi, termasuk yang diusulkan oleh aktivis Anna Hazare. Singh memuji Hazare dengan mengatakan, ia menghargai idealisme aktivis berumur 74 tahun itu.

Awal bulan ini parlemen India mengusulkan pembentukan sebuah lembaga sipil yang dikenal sebagai lokpal untuk mengurangi korupsi yang endemik di negara itu.

Hazare menolak rancangan undang-undang itu dengan alasan tidak akan membuat para pejabat pemerintah, termasuk perdana menteri atau cabang yudikatif, bertanggung jawab atas praktek-praktek korupsi.

Hazare menanggapi komentar perdana menteri itu hari Kamis dengan mengatakan ia akan berhenti mogok makan hanya jika parlemen mulai membahas proposal anti-korupsinya hari Jumat.

XS
SM
MD
LG