Tautan-tautan Akses

Perdana Menteri India Kunjungi Bangladesh


PM Bangladesh Sheikh Hasina bersama tamunya, PM India Manmohan Singh melambai kepada para wartawan di ibukota Dhaka (6/9).

PM Bangladesh Sheikh Hasina bersama tamunya, PM India Manmohan Singh melambai kepada para wartawan di ibukota Dhaka (6/9).

Kunjungan PM Manmohan Singh itu merupakan kunjungan pertama pemimpin India ke Bangladesh, sejak tahun 1999.

Perdana Menteri India Manmohan Singh berada di Bangladesh untuk kunjungan dua hari guna meningkatkan hubungan bilateral.

Singh mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina mengenai berbagai masalah.

Pejabat-pejabat India mengatakan kunjungan itu tampaknya akan menghasilkan perjanjian yang akan memberi India akses lebih luas pada dua pelabuhan utama Bangladesh dan peningkatan jalur-jalur transportasi serta perdagangan. Usul untuk menukar daerah-daerah kantong yang dipersengketakan India-Bangladesh juga diperkirakan menjadi bagian dari agenda pembicaraan

Namun kesepakatan pembagian air kemungkinan tidak akan dibicarakan mengingat tentangan dari Menteri Utama negara bagian Bengal Barat, di India yang berbatasan dengan Bangladesh. Mamata Banerjee dikabarkan tidak puas dengan ketentuan dalam perjanjian pembagian air Sungai Teesta yang mengalir melewati dua negara.

Menteri luar negeri India Ranjan Mathai mengatakan perundingan itu merupakan “pergeseran penting” dalam hubungan dengan Bangladesh. Kunjungan itu merupakan yang pertama seorang pemimpin India ke Bangladesh sejak tahun 1999.

XS
SM
MD
LG