Tautan-tautan Akses

India Hampir Sepakati RUU Anti-Korupsi, Hazare akan Akhiri Mogok Makan Minggu


Aktivis anti-korupsi India, Anna Hazare melambai ke arah para pendukungnya pada hari ke-12 mogok makan di New Delhi (27/8).

Aktivis anti-korupsi India, Anna Hazare melambai ke arah para pendukungnya pada hari ke-12 mogok makan di New Delhi (27/8).

Para anggota parlemen mendekati kesepakatan dalam RUU anti-korupsi yang akan mengakhiri mogok makan aktivis Anna Hazare.

Parlemen India bergerak mendekati kesepakatan dalam RUU anti-korupsi yang akan mengakhiri mogok makan yang sudah berlangsung hampir dua minggu oleh seorang aktivis berusia 74 tahun.

Anggota Parlemen dari Partai Kongres berkuasa dan partai oposisi utama menggelar sidang khusus parlemen hari Sabtu untuk menanggapi mogok makan Anna Hazare yang menuntut agar parlemen menggunakan RUU anti-korupsi versi Hazare.

Tuntutan-tuntutannya meliputi pembentukan sebuah badan independen untuk memantau politisi dan pejabat pemerintah.

Menteri Keuangan Pranab Mukherjee mendesak anggota parlemen untuk mencari solusi atas masalah korupsi di India, di mana skandal korupsi besar telah dijadikan berita utama di media nasional.

Hari Jumat, pewaris keluarga politik India yang paling berpengaruh, Rahul Gandhi mengingatkan bahwa demokrasi India terancam oleh kampanye anti-korupsi Hazare. Dari pada membuat RUU, Gandhi mengusulkan pembentukan sebuah badan konstitusional untuk memberantas korupsi.

Pembantu-pembantu Hazare mengatakan, dia akan mengakhiri mogok makan jika anggota parlemen mengesahkan resolusi yang mendukung beberapa butir dari tuntutannya.

Berita terakhir mengatakan, Hazare akan mengakhiri mogok makan yang sudah berlangsung hampir dua minggu setelah parlemen sepakat menerima tuntutannya untuk mengesahkan undang-undang anti-korupsi yang lebih keras.

Anna Hazare mengatakan hari Sabtu dia akan mengakhiri mogok makan hari Minggu. Pengumumannya itu dilakukan setelah anggota fraksi Partai Kongres yang berkuasa dan partai oposisi utama menyelenggarakan sidang istimewa hari Sabtu guna menanggapi mogok makan oleh aktivis 74 tahun itu.

XS
SM
MD
LG