Tautan-tautan Akses

Presiden Obama Desak Eropa Ambil Tindakan Tegas Atasi Krisis


Pertemuan puncak Presiden Obama dan para pemimpin Uni Eropa di Gedung Putih, Washington (28/11).

Pertemuan puncak Presiden Obama dan para pemimpin Uni Eropa di Gedung Putih, Washington (28/11).

Presiden Amerika Barack Obama mendesak para pemimpin Eropa agar bertindak dengan tegas untuk menyelesaikan krisis hutang.

Berbicara setelah pertemuan puncak Amerika-Uni Eropa hari Senin di Gedung Putih, Obama mengatakan akan lebih sulit bagi Amerika untuk menciptakan pekerjaan yang baik kalau Eropa, salah satu mitra perdagangan paling penting, mengalami kesulitan. Presiden mengatakan Amerika siap melakukan tugas mereka, namun ia menekankan pada akhirnya masalah harus diselesaikan oleh para pemimpin Eropa.

Ketua Dewan Eropa Herman Van Rompuy mengatakan peta perencanaan ekonomi zona euro akan diserahkan awal Desember. Ia dan Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso menyarankan pengawasan seragam dan mengikat atas pengeluaran pemerintah di negara-negara yang menggunakan mata uang euro.

Yunani, Irlandia dan Portugal yang dililit hutang sudah terpaksa memperoeh dana talangan internasional, sementara Italia, Spanyol, dan negara-negara lain sedang menghadapi kenaikan tajam suku bunga pinjaman.

Para pemimpin ekonomi benua itu, Jerman dan Perancis, sudah mulai merundingkan persetujuan fiskal yang akan memaksakan disiplin anggaran negara di seluruh zona euro. Ini adalah sesuatu yang sudah lama ditentang masing-masing negara, karena khawatir akan hilangnya kekuasaan negara.

Berita mengenai usul ini mendorong pasaran saham meningkat di seluruh dunia hari Senin setelah pertemuan itu.

XS
SM
MD
LG