Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Sepakati Upaya Selamatkan Euro


Ketua Perhimpunan Negara Pengguan Euro, Jean Claude Juncker (foto: dok).

Ketua Perhimpunan Negara Pengguan Euro, Jean Claude Juncker (foto: dok).

Ketua perhimpunan menteri keuangan negara pengguna euro, Jean-Claude Juncker mengungkapkan dua langkah untuk menyelamatkan mata uang Euro yang dapat mulai berlaku bulan Januari.

Para menteri keuangan Eropa sepakat meningkatkan sumber daya Dana Moneter Internasional, IMF, untuk menyelamatkan mata uang euro. Menteri ke-17 negara pengguna euro yang bertemu di Brussel hari Selasa sepakat mencari cara-cara baru meningkatkan sumber daya IMF melalui hutang di kalangan negara-negara anggota.

Mereka juga memutuskan untuk mengizinkan dana talangan menjamin 20 sampai 30 persen pertama potensi kerugian yang dialami investor yang membeli obligasi pemerintah yang dikeluarkan negara-negara bermasalah. Ketua perhimpunan menteri keuangan negara pengguna euro Jean-Claude Juncker mengatakan, kedua langkah tersebut dapat mulai berlaku bulan Januari.

Kekhawatiran mengenai kelangsungan hidup euro meningkat sementara biaya hutang bagi Italia, ekonomi ketiga terbesar di Eropa, naik ke tingkat paling tinggi sejak digunakannya euro tahun 1999. Italia harus membayar bunya hampir 8 persen untuk obligasi tiga tahun, lebih tinggi dari 7 persen yang membuat Yunani, Irlandia dan Portugal terpaksa minta dana talangan internasional selama satu setengah tahun terakhir.

Sementara itu setelah perdebatan berbulan-bulan para menteri memutuskan untuk bulan depan mengucurkan 11 milyar dolar untuk Yunani sebagai bagian dari program talangan tahun 2010.

XS
SM
MD
LG