Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Uni Eropa Sepakati Integrasi Ekonomi Baru


Presiden Barack Obama menjadi tuan rumah dalam pertemuan dengan para pemimpin Uni Eropa di Gedung Putih (28/11).

Presiden Barack Obama menjadi tuan rumah dalam pertemuan dengan para pemimpin Uni Eropa di Gedung Putih (28/11).

Para pemimpin Uni Eropa sepakat akan mendorong integrasi ekonomi yang lebih erat antara ke-17 negara zona euro.

Pemimpin-pemimpin utama Eropa berjanji dalam pertemuan dengan Presiden Amerika Barack Obama hari Senin mereka akan mendorong integrasi ekonomi yang lebih erat antara ke-17 negara zona euro untuk membantu menyelesaikan krisis keuangan yang membengkak di benua itu.

Presiden Dewan Eropa Herman van Rompuy dan Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso menghimbau adanya kendali yang seragam dan mengikat atas belanja pemerintah di negara-negara pengguna mata uang euro.

Rompuy mengatakan sebuah “peta jalan” yang merinci rencana ekonomi zona euro baru akan dibahas dalam KTT Uni Eropa awal Desember.

Barroso, berbicara setelah pertemuan di Gedung Putih di Washington dengan Presiden Obama, mengatakan para pemimpin Eropa “bertekad mengatasi kesulitan yang ada sekarang.”

Yunani, Irlandia dan Portugal yang terjepit utang terpaksa meminta dana talangan internasional, sementara Italia, Spanyol dan negara-negara lain menghadapi suku bunga pinjaman yang meningkat untuk mendanai pemerintahannya.

Obama mengatakan Amerika siap “melakukan bagiannya” untuk membantu Eropa menyelesaikan krisis utang, yang disebutnya “sangat penting bagi ekonomi Amerika.” Tetapi ia tidak merinci langkah-langkah yang akan dilakukan Amerika.

XS
SM
MD
LG