Tautan-tautan Akses

Menteri Keuangan AS Desak Pemimpin Eropa Segera Atasi Krisis Keuangan


Menkeu AS Timothy Geithner dalam jumpa pers bersama Menkeu Jerman Wolfgang Schaeuble (tidak tampak) di Berlin, Selasa (6/12).

Menkeu AS Timothy Geithner dalam jumpa pers bersama Menkeu Jerman Wolfgang Schaeuble (tidak tampak) di Berlin, Selasa (6/12).

Menkeu Timothy Geithner pergi ke Eropa hari Selasa guna mendorong para pemimpin Eropa mengambil tindakan penting guna meredakan krisis keuangan di sana.

Menteri Keuangan Amerika, Timothy Geithner hari Selasa bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi untuk memperingatkan penundaan lebih jauh bisa membahayakan perekonomian dunia termasuk pemulihan ekonomi yang lamban di Amerika, yang merupakan perekonomian terbesar dunia.

Dalam jumpa pers bersama rekannya dari Jerman, Menteri Keuangan Wolfgang Schaeuble, mengatakan Amerika menyetujui langkah-langkah yang diambil para pemimpin Eropa sejauh ini.

Badan kredit Standard & Poor hari Selasa mengancam akan menurunkan peringkat tertinggi dana talangan untuk negara-negara Eropa yang dilanda hutang. Berita itu keluar dua hari menjelang para pemimpin Eropa bertemu di Brussels dalam upaya menyelesaikan krisis hutang yang berlangsung selama dua tahun.

Menteri Keuangan Jerman itu mengatakan ancaman itu hanya akan menambah pentingnya konferensi itu.

Kanselir Jerman dan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy hari Senin memaparkan rencana untuk memperketat pengawasan atas anggaran masing-masing pemerintah. Mereka menyerukan perubahan bagi traktat yang mengatur ke 27 negara Uni Eropa itu, atau setidaknya menutupi anggaran-anggaran di 17 negara zona Euro itu.

XS
SM
MD
LG