Tautan-tautan Akses

Menhan AS: Tak Ada Bukti Pakistan Tahu Keberadaan bin Laden di Abbottabad


Tempat persembunyian Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan. Menurut Menhan AS, tak ada bukti bahwa pihak Pakistan telah mengetahui keberadaan Osama.
Tempat persembunyian Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan. Menurut Menhan AS, tak ada bukti bahwa pihak Pakistan telah mengetahui keberadaan Osama.

Ditemukannya Osama bin Laden di Abbottabad telah memicu pertanyaan apakah ia disembunyikan oleh militer atau badan inteljen Pakistan.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan tidak ada bukti bahwa pimpinan tertinggi di Pakistan tahu dimana Osama bin Laden tadinya bersembunyi.

Robert Gates memberitahu para wartawan di Pentagon hari Rabu bahwa Pakistan sudah dipermalukan dengan masuknya pasukan Amerika ke dalam wilayahnya menyapu wilayahnya dan membunuh Osama bin Laden.

Ditemukannya Osama bin Laden di kota militer Abbottabad telah memicu berbagai pertanyaan tentang apakah ia disembunyikan oleh antek-antek dalam militer atau badan inteljen Pakistan.

Sebagian anggota Kongres Amerika telah menghimbau pemerintahan Obama untuk mengkaji komitmen Pakistan dalam memerangi kelompok teroris, sebelum memberikan bantuan keamanan lebih banyak pada Pakistan.

Robert Gates mengatakan ia memahami kekecewaan para anggota Kongres, tetapi mendesak supaya tidak memotong bantuan dengan mengatakan Amerika punya “kepentingan signifikan” di Pakistan.

Presiden Barack Obama diharapkan akan berkunjung ke markas Badan Inteljen Amerika CIA hari Jumat untuk mengucapkan terima kasih kepada para pegawai, atas upaya mereka melacak Osama bin Laden.

XS
SM
MD
LG