Tautan-tautan Akses

Gates Ucapkan Selamat Tinggal pada Pasukan AS di Afghanistan


Menteri Pertahanan AS Robert Gates disambut oleh komandan pasukan NATO di Afghanistan, Jenderal David Petraeus di bandara Kabul (4/6).

Menteri Pertahanan AS Robert Gates disambut oleh komandan pasukan NATO di Afghanistan, Jenderal David Petraeus di bandara Kabul (4/6).

Menhan AS yang pensiun akhir bulan ini tiba di Kandahar untuk memulai lawatan perpisahannya ke sejumlah pangkalan militer AS.

Menteri Pertahanan Amerika, yang pensiun akhir bulan ini, telah tiba di Afghanistan selatan dimana ia akan mengucapkan selamat tinggal pada pasukan Amerika yang berjuang mengalahkan pemberontak Taliban.

Robert Gates hari Minggu tiba di Kandahar untuk memulai lawatan perpisahannya ke sejumlah pangkalan militer di selatan.

Gates mengunjungi Afghanistan pada saat yang sama Presiden Amerika Barack Obama mempertimbangkan skala dan kecepatan penarikan pasukan yang dijadwalkan mulai bulan depan.

Sesaat sebelum menhan itu tiba di Kandahar, NATO mengumumkan salah satu tentaranya tewas hari Minggu dalam serangan pemberontak di Afghanistan selatan.

Saat Gates tiba di Kabul hari Sabtu untuk memulai kunjungannya di Afghanistan, NATO mengumumkan empat tentaranya tewas dalam ledakan di Afghanistan timur.

Gates hari Sabtu memperingatkan Presiden Afghanistan Hamid Karzai bahwa negaranya harus meningkatkan keamanan, dan kegagalan melakukannya akan menyebabkan resiko terkait jadwal penarikan pasukan Amerika.

Sabtu pagi, dalam sebuah konferensi keamanan di Singapura, Gates mengatakan mungkin ada pembicaraan damai dengan Taliban dalam setahun. Katanya, pembicaraan itu akan menjadi hasil serangan-serangan darat NATO yang menekan pemberontak.

XS
SM
MD
LG