Tautan-tautan Akses

PM Pakistan, PM Tiongkok Saling Memuji dalam Kunjungan Gilani ke Beijing


PM Pakistan Yousuf Raza Gilani (kiri) dan PM Wen Jiabao dalam upacara penyambutan di Beijing (18/5).

PM Pakistan Yousuf Raza Gilani (kiri) dan PM Wen Jiabao dalam upacara penyambutan di Beijing (18/5).

PM Yusuf Raza Gilani mengatakan hubungan Pakistan dan Tiongkok ditandai 'pemahaman dan kepercayaan penuh, serta harmoni'.

Perdana Menteri Pakistan Yusuf Raza Gilani hari Rabu bertemu dengan Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao, di tengah janji-janji persahabatan dan kerjasama strategis yang lebih besar antar kedua negara.

Berbicara di kota Souzhou, Tiongkok bagian selatan Rabu pagi, Yusuf Raza Gilani mengatakan hubungan negaranya dengan Tiongkok ditandai dengan “pemahaman menyeluruh, kepercayaan penuh, saling kerjasama dan harmoni”.

Sementara itu kantor berita Perancis mengutip seorang pembantu Perdana Menteri Yusuf Raza Gilani sebagai mengatakan, Tiongkok telah menjanjikan “dukungan penuh” pada Pakistan, sebagai mitra strategis dengan harapan meningkatkan hubungan itu “ke tingkat yang lebih tinggi”.

Sejumlah analis mengatakan Yusuf Raza Gilani tampaknya membandingkan hubungan Pakistan dan Tiongkok, dengan hubungan negaranya dengan Amerika, yang telah sangat tegang sejak serangan pasukan komando Amerika pada sebuah kompleks perumahan pemimpin teroris Osama bin Laden.

Namun Duta Besar Pakistan Untuk Tiongkok hari Selasa menyatakan pada VOA bahwa negaranya percaya tetap memerlukan hubungan baik dengan Amerika dan Tiongkok, jika ingin menang dalam memerangi teroris.

XS
SM
MD
LG