Tautan-tautan Akses

Mantan Perwira Mesir Pemimpin Sementara al-Qaida


Saif al-Adel terpilih menjadi pemimpin sementara al-Qaida.

Saif al-Adel terpilih menjadi pemimpin sementara al-Qaida.

Saif al-Adel telah dipilih sebagai pemimpin sementara al-Qaida sampai seorang pengganti bin Laden dengan resmi diumumkan.

Menurut laporan berita, seorang mantan perwira pasukan khusus Mesir telah menjadi pemimpin operasi sementara al-Qaida setelah tewasnya Osama Bin Laden bulan ini.

Televisi CNN dan kantor berita Reuters mengutip Norman Benotman, seorang bekas rekan bin Laden yang telah berbalik mengutuk ideologi al-Qaida, mengatakan bahwa Saif al-Adel telah dipilih sebagai pemimpin sementara al-Qaida sampai seorang pengganti bin Laden dengan resmi diumumkan.

Orang yang diduga pengganti bin Laden adalah wakilnya yang sudah lama, Ayman al-Zawahri, yang juga warga Mesir.

Dalam perkembangan lain, Pakistan mengatakan hari Selasa bahwa pasukan keamanannya telah menangkap seorang pengurus senior al-Qaida di kota pelabuhan Karachi, Pakistan selatan. Militer Pakistan menyebut priya itu bernama Muhammad Ali Qasim Yaqub alias Abu Sohaib Al Makki, seorang warga Yaman. Menurut Pakistan, penyelidikan sementara menunjukkan bahwa Al Makki bekerja langsung di bawah para pemimpin al-Qaida di perbatasan Afghanistan-Pakistan.

Pernyataan Pakistan menyebut penangkapan itu sebagai perkembangan utama dalam pembongkaran jaringan al-Qaida yang beroperasi di kawasan itu.

Pakistan telah mendapat tekanan dari negara-negara kuat Barat agar menjelaskan bagaimana Osama bin Laden dapat bersembunyi di kota Abbotabad, Pakistan, selama bertahun-tahun sampai pasukan khusus Amerika membunuhnya dalam penggrebekan rahasia tanggal 2 Mei.

XS
SM
MD
LG