Tautan-tautan Akses

Pakistan Tangkap Agen Senior Al-Qaida di Karachi


Anggota pasukan anti-terorisme Pakistan
Anggota pasukan anti-terorisme Pakistan

Militer Pakistan hari Selasa mengatakan pria asal Yaman itu adalah Muhammad Ali Qasim Yaqub alias Abu Sohaib Al Makki.

Pakistan mengatakan pasukan keamanannya telah menangkap agen senior al-Qaida yang berkewarganegaraan Yaman di kota Karachi, Pakistan selatan.

Militer Pakistan hari Selasa mengatakan orang itu adalah Muhammad Ali Qasim Yaqub alias Abu Sohaib Al Makki, dan penyelidikan awal menunjukkan ia bekerja “langsung di bawah para pimpinan al-Qaida” di perbatasan antara Pakistan dan Afghanistan.

Pernyataan Pakistan itu menggambarkan penangkapan tersebut sebagai “perkembangan besar dalam mengungkap jaringan operasi al-Qaida di kawasan itu. Tidak ada rincian lainnya.

Pakistan mendapat tekanan dari negara-negara barat untuk menjelaskan bagaimana pemimpin al-Qaida Osama bin Laden bisa bersembunyi di kota Abbottabad, hingga pasukan khusus Amerika membunuhnya dalam penyerbuan terselubung 2 Mei lalu.

Pakistan menyangkal menampung bin Laden dan mengatakan telah membayar mahal karena berperang melawan militan al-Qaida serta sekutunya, Taliban yang telah menewaskan puluhan ribu warga Pakistan dalam beberapa tahun terakhir.

XS
SM
MD
LG