Tautan-tautan Akses

Laksamana Mullen: Tiongkok Kunci Redakan Ketegangan Korut dan Korsel


Ketua Gabungan Kepala-Kepala Staf AS, Laksamana Mike Mullen.

Ketua Gabungan Kepala-Kepala Staf AS, Laksamana Mike Mullen.

Menurut Laksamana Mike Mullen, Tiongkok sebagai sekutu terdekat Korea Utara memiliki kepentingan yang dipertaruhkan jika wilayah itu tidak stabil.

Perwira tertinggi militer Amerika mengatakan Tiongkok merupakan kunci untuk meredakan ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Laksamana Mike Mullen, ketua Gabungan Kepala-Kepala Staf AS, mengatakan kepada CNN (dalam wawancara yang akan ditayangkan hari Minggu) bahwa Tiongkok, sekutu terdekat Korea Utara, memiliki kepentingan yang dipertaruhkan seperti negara-negara lain jika wilayah itu tidak stabil.

Semenanjung Korea telah berada dalam siaga tinggi sejak Korea Utara melancarkan tembakan artileri terhadap pulau Korea Selatan Yeonpyeong hari Selasa, menewaskan dua marinir Korea Selatan dan dua warga sipil.

Pemakaman bagi marinir yang tewas itu diadakan hari Sabtu di sebuah rumah sakit militer dekat Seoul. Upacara itu dihadiri oleh ratusan pejabat tinggi, jenderal, tokoh agama dan penduduk sipil.

Dalam pidatonya di pemakaman itu, Komandan Marinir Letnan Jenderal Yoo Nak-Joon bertekad akan melakukan pembalasan "seribu kali lipat." Pernyataan itu disiarkan secara nasional.

XS
SM
MD
LG