Tautan-tautan Akses

Korut: Latihan Militer AS-Korsel Dorong Semenanjung Korea ke Ambang Perang


Militer Korea Selatan melakukan tembakan balasan setelah serangan artileri Korea Utara di Pulau Yeonpyeong, 23 November 2010.

Militer Korea Selatan melakukan tembakan balasan setelah serangan artileri Korea Utara di Pulau Yeonpyeong, 23 November 2010.

Pyongyang mengatakan latihan militer itu adalah rencana ugal-ugalan oleh pihak yang ingin berperang yang diarahkan ke Korut.

Korea Utara memperingatkan hari Jumat bahwa rencana latihan angkatan laut Amerika-Korea Selatan mendorong semenanjung Korea ke ambang perang.

Kantor berita Korea Utara, KCNA, mengatakan latihan-latihan yang melibatkan kapal induk bertenaga nuklir Amerika adalah rencana ugal-ugalan oleh “unsur-unsur yang ingin berperang” yang diarahkan ke Korea Utara.

Pyongyang telah sering menggunakan bahasa demikian pada masa lalu untuk mengutuk latihan-latihan militer di Korea Selatan.

Retorik terbaru itu muncul pada saat Presiden Korea Selatan mempertimbangkan calon untuk menggantikan Menteri Pertahanan Kim Tae-young, yang mengundurkan diri hari Kamis setelah dituduh memberi tanggapan yang lemah terhadap serangan artileri Korea Utara atas sebuah pulau Korea Selatan.

Dua orang marinir Korea Selatan dan dua warga sipil tewas dan paling sedikit 18 orang lain cedera dalam serangan terhadap Yeonpyeong dekat perbatasan yang disengketakan di Laut Kuning.

XS
SM
MD
LG