Tautan-tautan Akses

Delegasi Militer Tiongkok Kunjungi AS, Sinyal Membaiknya Hubungan


Wakil Kepala Staf Angkatan Bersenjata Tiongkok Ma Xiaotian mengunjungi Amerika untuk bertemu dengan para pejabat militer tingkat tinggi AS.

Wakil Kepala Staf Angkatan Bersenjata Tiongkok Ma Xiaotian mengunjungi Amerika untuk bertemu dengan para pejabat militer tingkat tinggi AS.

Hubungan militer antara Tiongkok dan Amerika Serikat membaik pasca-penjualan senjata Amerika ke Taiwan.

Media pemerintah Tiongkok mengatakan sebuah delegasi militer tingkat tinggi sedang dalam perjalanan ke Amerika Serikat dalam pertanda terbaru membaiknya hubungan militer antara kedua negara.

Kantor berita resmi, Xinhua, mengatakan sebuah delegasi yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Bersenjata Tiongkok Ma Xiaotian meninggalkan Beijing pada hari Kamis untuk mengadakan pembicaraan di Amerika Serikat.

Tiongkok memutuskan pembicaraan antarpejabat militer kedua negara awal tahun ini untuk memrotes penjualan senjata Amerika ke Taiwan. Tetapi menteri-menteri pertahanan mereka sepakat dalam sebuah pertemuan di Vietnam bulan Oktober untuk memulihkan hubungan langsung.

Ketua Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Amerika Laksamana Mike Mullen mengatakan dalam jumpa pers Kamis di Tokyo bahwa tidak adanya hubungan langsung militer telah menjadi “salah satu bagian yang paling sulit” dari hubungan Amerika-Tiongkok. Mullen juga mengatakan kunjungan ke Tiongkok oleh Menteri Pertahanan Robert Gates yang diumumkan sebelumnya akan dilakukan bulan depan.

XS
SM
MD
LG