Tautan-tautan Akses

KTT Uni Afrika Dipusatkan Pada Masalah Keamanan


KTT dua hari Uni Afrika yang dipusatkan pada masalah politik dan keamanan dilaksanakan di Addis Ababa, Ethiopia.

KTT dua hari Uni Afrika yang dipusatkan pada masalah politik dan keamanan dilaksanakan di Addis Ababa, Ethiopia.

Pertemuan tahunan yang dimulai hari Minggu, akan melaksanakan KTT kecil untuk Pantai Gading, Sudan dan Somalia.

Lebih dari 25 pemimpin Afrika berada di ibukota Ethiopia untuk menghadiri KTT dua hari yang dipusatkan pada masalah politik dan keamanan.

Pertemuan tahunan yang dimulai hari Minggu, akan melaksanakan KTT kecil untuk Pantai Gading, Sudan dan Somalia, serta mendiskusikan beberapa isu hangat, seperti Nigeria dan Madagaskar.

Namun, Ketua Komisi Uni Afrika Jean Ping mengatakan dua krisis politik terbaru di benua Afrika, Mesir dan Tunisia, tidak termasuk dalam agenda. Ia mengatakan perkembangan di negara-negara itu terjadi belakangan dan terlambat untuk dimasukkan dalam laporan KTT.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon tiba di Addis Ababa pada hari Sabtu dan akan memimpin KTT kecil mengenai Pantai Gading dan Sudan.

KTT Pantai Gading diperkirakan dapat memberikan dorongan baru bagi upaya diplomatik untuk memecahkan kebuntuan politik di negara itu di mana pemimpin yang menjabat Laurent Gbagbo menolak untuk menyerahkan kekuasaannya kepada Alassane Ouattara.

Sebagian besar negara mengakui Ouattara sebagai pemenang pemilihan presiden. Sebuah panel terdiri dari lima kepala negara akan diumumkan pada hari Minggu untuk menyelesaikan perselisihan tersebut.

XS
SM
MD
LG