Tautan-tautan Akses

ECOWAS Minta Dukungan AS bagi Penyelesaian Konflik di Pantai Gading


Presiden Sierra Leone Ernest Bai Koroma (tengah) saat bertemu dengan Presiden Laurent Gbagbo (kanan) di Abidjan beberapa waktu lalu.

Presiden Sierra Leone Ernest Bai Koroma (tengah) saat bertemu dengan Presiden Laurent Gbagbo (kanan) di Abidjan beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungannya ke Washington, delegasi ECOWAS akan bertemu dengan Presiden AS Barack Obama dan anggota Dewan Keamanan PBB.

Para pejabat dari Perhimpunan Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) berada di Amerika Serikat meminta dukungan internasional untuk membantu menyelesaikan kebuntuan politik saat ini di Pantai Gading.

Delegasi tersebut, yang salah seorang anggotanya adalah Presiden Sierra Leone Ernest Bai Koroma, dijadwalkan akan bertemu dengan para anggota Dewan Keamanan PBB pada hari Kamis setelah pembicaraan dengan Presiden Amerika Barack Obama.

Sonny Ugoh, seorang pejabat blok ECOWAS mengatakan kepada VOA, mereka akan terus mencari cara-cara baru untuk menyelesaikan krisis di Pantai Gading. Ugoh mengatakan ECOWAS ingin memastikan bahwa Allassane Ouattara, pemenang yang diakui internasional pemilu presiden di Pantai Gading bulan November, akan menjabat meskipun dengan adanya penolakan Presiden Laurent Gbagbo, yang sekarang menjabat, untuk mundur.

Ouattara melakukan perjuangannya untuk menjadi presiden dari sebuah hotel di Abidjan, di mana ia dikawal oleh pasukan keamanan dan penjaga perdamaian PBB.



XS
SM
MD
LG