Tautan-tautan Akses

Pemerintahan Gbagbo akan Tolak Temuan Panel Uni Afrika


Presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo tak akan mengakui temuan panel Uni Afrika.

Presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo tak akan mengakui temuan panel Uni Afrika.

Lima pemimpin Uni Afrika dipersilahkan berkunjung ke Pantai Gading, namun pemerintahan Gbagbo tak akan menerima temuan mereka.

Pemerintahan Presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo, mengatakan akan menolak temuan apapun yang menyatakan Gbagbo kalah dalam pemilu yang disengketakan bulan November.

Menteri luar negeri Gbagbo, Alcide Djedje berbicara kepada wartawan sehari setelah Uni Afrika menunjuk panel lima pemimpin Afrika untuk menyelesaikan krisis politik di Pantai Gading.

Djedje mengatakan para pemimpin itu dipersilahkan berkunjung ke Pantai Gading namun mengatakan pemerintah Gbagbo tidak akan menerima temuan mereka kecuali panel itu mematuhi konstitusi Pantai Gading.

Dewan Konstitusi Pantai Gading menyatakan Gbagbo menang dalam pemilu bulan November itu setelah komisi pemilu menunjuk lawannya, Alassane Ouattara sebagai pemenang.

Uni Afrika, PBB dan blok negara Afrika barat ECOWAS mengakui Ouattara sebagai pemenang, meskipun sebagian pemimpin Afrika menyarankan Ouattara dan Gbagbo harus merundingkan penyelesaian.

XS
SM
MD
LG