Tautan-tautan Akses

Karzai Umumkan Perundingan Damai dengan Taliban


Presiden Afghanistan Hamid Karzai

Presiden Afghanistan Hamid Karzai

Presiden Karzai mengatakan beberapa negara asing dan Taliban membahas mengenai kemungkinan penyelesaian konflik di Afghanistan.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan Amerika dan negara-negara lain sedang mengadakan pembicaraan dengan Taliban guna mengakhiri perang yang sudah hampir satu dekade.

Pengumuman Karzai hari Sabtu kepada wartawan di Kabul dianggap sebagai komentar resmi pertama tentang keterlibatan Amerika dalam perundingan itu. Namun, kedutaan Amerika menolak memberi komentar.

Amerika dijadwalkan mulai menarik pasukan tempur dari Afghanistan dalam beberapa minggu mendatang. Sebelumnya pekan ini, Presiden Amerika Barack Obama bertemu panglimanya di Afghanistan, Jenderal David Petraeus, untuk membahas rencana penarikan, tapi sejauh ini, ia belum mengumumkan dalam tahap awal berapa banyak tentara akan meninggalkan negara itu.

Pasukan keamanan Afghanistan dijadwalkan mengendalikan semua operasi keamanan menjelang tahun 2014. Pasukan Afghanistan dan koalisi terus menghadapi perlawanan keras di kubu Taliban, Afghanistan selatan, serta meningkatnya jumlah pasukan asing di Afghanistan timur.

NATO mengatakan, tiga tentaranya tewas hari Sabtu, dua di Afghanistan selatan dan satu di Afghanistan timur. Kantor Presiden Perancis Nicolas Sarkozy menyatakan salah seorang tentara yang tewas di Afghanistan selatan adalah tentaranya.

Taliban juga telah melancarkan serangkaian serangan berani di ibukota, tempat pasukan Afghanistan bertanggungjawab atas keamanan. Serangan terbaru terjadi hari Sabtu, dekat istana kepresidenan dan tak lama setelah Karzai melakukan jumpa pers.

XS
SM
MD
LG