Tautan-tautan Akses

Pakistan-India Buka Lagi Perundingan soal Kashmir 23 Juni


Pasukan keamanan India patroli di Kashmir. Ribuan orang telah tewas dalam pemberontakan separatis di Kashmir-India.

Pasukan keamanan India patroli di Kashmir. Ribuan orang telah tewas dalam pemberontakan separatis di Kashmir-India.

Pembicaraan Kashmir ini akan menjadi yang pertama sejak India memutuskan perundingan setelah serangan teroris di Mumbai tahun 2008.

Pejabat-pejabat Pakistan mengatakan menteri luar negeri India akan berkunjung ke negara itu minggu depan untuk membahas keamanan dan perdamaian, termasuk wilayah Kashmir yang disengketakan.

Pembicaraan resmi tentang Kashmir ini akan menjadi yang pertama sejak India memutuskan perundingan damai setelah serangan teroris di Mumbai tahun 2008 yang menewaskan 166 orang. Kelompok militan berbasis di Pakistan, Lashkar-e-Taiba, dituding melakukan serangan itu.

Kantor kementrian Luar Negeri Pakistan hari Jumat mengatakan Menteri Luar Negeri India Nirupama Rao akan melawat ke Islamabad 23 Juni untuk pembicaraan dua hari dengan Menteri Luar Negeri Pakistan Salman Bashir. Keduanya akan membahas "langkah-langkah membangun kepercayaan."

India dan Pakistan mengumumkan dimulainya lagi pembicaraan damai itu setelah Rao dan Bashir bertemu Februari di sela-sela pertemuan puncak regional Asia Selatan di Bhutan.

Kedua negara bersenjata nuklir itu telah tiga kali berperang sejak merdeka dari Inggris tahun 1947. Dua di antaranya terkait Kahsmir.

Separatis Muslim selama ini memperjuangkan kemerdekaan Kashmir dari India yang mayoritas Hindu atau bergabung dengan Pakistan yang mayoritas Muslim. Ribuan orang tewas dalam pemberontakan itu.

XS
SM
MD
LG