Tautan-tautan Akses

Bachmann Menangkan Pemungutan Suara Percobaan di Iowa


Kandidat Presiden dari partai Republik, Michele Bachmann saat melakukan kampanye di Des Moines, Iowa (12/8).

Kandidat Presiden dari partai Republik, Michele Bachmann saat melakukan kampanye di Des Moines, Iowa (12/8).

Kemenangan dalam straw poll di Iowa mengukuhkan posisinya sebagai calon unggulan dalam nominasi capres AS dari partai Republik.

Kandidat calon presiden dari partai Republik Michele Bachmann menang dalam pemungutan suara percobaan hari Sabtu di negara bagian Iowa. Pada hari yang sama, Gubernur Texas Rick Perry meramaikan persaingan di partai Republik dengan mengumumkan pencalonannya dalam nominasi partai.

Bachmann menang dalam straw poll di Iowa, mengukuhkan posisinya sebagai calon unggulan dalam nominasi partai Republik. Straw poll adalah pemilihan tidak resmi tetapi penting bagi Republikan yang ingin menantang Presiden Barack Obama dalam pemilu 2012.

Bachmann, anggota Kongres dari Minnesota, adalah favorit aktivis konservatif Tea Party yang menginginkan pajak lebih rendah dan pemerintah yang lebih ramping. Hampir 17,000 orang ambil bagian dalam voting hari Sabtu di Ames, Iowa. Bachmann menerima 4,823 suara, disusul anggota Kongres dari Texas Ron Paul, dengan 4,671 suara. Mantan Gubernur Minnesota Tim Pawlenty di tempat ke-tiga dengan 2,293 suara.

Nama Perry tidak terdapat dalam kertas suara, tetapi ada 718 kertas bertuliskan namanya. Jumlah tersebut 151 suara lebih banyak daripada perolehan mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney, yang tampaknya menjadi unggulan menjelang jajak pendapat di Iowa itu. Nama Romney terdapat dalam kertas suara tetapi tidak terlalu banyak berpartisipasi dalam berbagai kegiatan menjelang jajak pendapat itu.

Perry dianggap sebagai penantang kuat di partai Republik, dengan prestasi pertumbuhan lapangan kerja yang kuat di Texas dan juga dapat menarik kalangan konservatif bidang sosial dan ekonomi. Ia juga favorit kelompok Tea Party.

Dalam pidato hari Sabtu, ia mengecam catatan ekonomi Obama dan berpendapat rakyat Amerika tidak bisa menjalani apa yang disebutnya kepemimpinan yang ‘tanpa arah’ selama empat tahun lagi. Ia juga bertekad akan memperbaiki ekonomi dan membuat pemerintah ‘tidak mencampuri’ kehidupan sehari-hari rakyat Amerika. Gedung Putih membalas dengan mengritik catatan ekonomi Perry sebagai Gubernur negara bagian Texas.

XS
SM
MD
LG