Tautan-tautan Akses

Anggota Kongres AS Serukan Penyelidikan atas Pembuatan Film Bin Laden


Pembuatan film tentang Osama bin Laden dikhawatirkan membongkar operasi rahasia militer AS.

Pembuatan film tentang Osama bin Laden dikhawatirkan membongkar operasi rahasia militer AS.

Peter King dari partai Republik mempertanyakan apakah Gedung Putih membeberkan rahasia teknik operasi khusus kepada pembuat film itu.

Seorang anggota Kongres Amerika menyerukan penyelidikan terhadap kontak-kontak antara pemerintahan Obama dan para pembuat film yang sedang mengerjakan proyek film mengenai pemburuan Osama bin-Laden selama 10 tahun, termasuk penggerebekan tanggal 2 Mei yang menewaskan pemimpin al-Qaida itu.

Anggota Kongres dari partai Republik Peter King, yang memimpin Komisi Keamanan Dalam Negeri DPR, mempertanyakan apakah Gedung Putih membicarakan informasi rahasia dan membeberkan rahasia teknik operasi khusus.

Jurubicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan hari Rabu klaim itu keterlaluan dan bahwa tidak ada informasi rahasia yang diungkapkan. Pentagon dan Gedung Putih keduanya mengatakan mereka biasa memberi bantuan penelitian kepada para pembuat film dan penulis buku.

Sutradara Kathryn Bigelow dan penulis Mark Boal mengatakan dalam pernyataan, mereka telah mengerjakan pembuatan film itu selama bertahun-tahun, dan film tersebut akan mencakup usaha mencari bin Laden sejak pemerintahan mantan Presiden Bill Clinton.

XS
SM
MD
LG