Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad Sambut Baik Perundingan Nuklir dengan Negara-negara Barat


Presiden Mahmoud Ahmadinejad (foto: dok) mengatakan negara-negara Barat tak punya pilihan lain selain berunding dengan Iran.

Presiden Mahmoud Ahmadinejad (foto: dok) mengatakan negara-negara Barat tak punya pilihan lain selain berunding dengan Iran.

Kata Presiden Iran ini, walaupun Iran bersedia berunding tapi negaranya tak akan melepaskan hak-haknya yang sah.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyambut baik dilanjutkannya perundingan dengan negara-negara besar untuk membahas program nuklir Iran.

Kata Ahmadinejad di kota Ardebil dan Iran Barat Daya, negara-negara barat tidak punya pilihan, selain berunding dengan Iran, tapi Iran, katanya lagi, tidak akan melepaskan satupun hak-hak Iran yang sah. Ini adalah komentar Ahmadinejad yang pertama tentang perundingan dengan Barat yang akan dilakukan pertengahan bulan November di Wina.

Kepala bagian politik Uni Eropa Catherine Ashton mengusulkan pertemuan itu minggu lalu dan menawarkan kepada Iran bahwa Uni Eropa akan berbicara atas nama kelima anggota tetap DK dan Jerman.

Kelompok yang disebut dengan nama p5+1 itu telah menyatakan keinginannya untuk membuka kembali dialog dengan Iran.

Dewan keamanan PBB telah mengeluarkan empat sanksi atas Iran karena penolakannya untuk menghentikan pengayaan uranium. Amerika dan kawan-kawannya curiga bahwa Iran akan membuat senjata nuklir, tapi tuduhan ini dibantah oleh Iran.

XS
SM
MD
LG