Tautan-tautan Akses

Iran akan Rilis Dokumen soal Program Nuklir Israel


Perunding utama nuklir Iran, Saeed Jalili.

Perunding utama nuklir Iran, Saeed Jalili.

Saeed Jalili mengatakan Israel seharusnya dicegah mengembangkan senjata nuklir di bawah Persetujuan Non-Proliferasi Nuklir.

Perunding nuklir Iran mengatakan Teheran siap untuk membeberkan bukti yang memperlihatkan Amerika mengapalkan uranium yang telah diperkaya ke Israel.

Saeed Jalili mengatakan kepada situs televisi pemerintah Iran hari Senin bahwa Israel harus dicegah memiliki senjata nuklir sesuai Persetujuan Non Proliferasi Nuklir internasional. Jalili menambahkan, Iran merencanakan untuk menerbitkan dokumen-dokumen yang memperlihatkan bahan-bahan kiriman Amerika itu dipakai untuk program nuklir Israel.

Israel secara luas diyakini merupakan satu-satunya kekuatan nuklir di Timur Tengah, meskipun tidak menyatakan secara terbuka memiliki senjata nuklir. Israel tidak membeberkan lingkup kemampuan persenjataan nuklirnya, dan kedua negara bertikai seputar ancaman nuklir.

Iran membantah tuduhan Israel dan negara-negara Barat pihaknya bermaksud membuat senjata nuklir. Teheran mengatakan bahwa program nuklirnya ditujukan untuk maksud-maksud damai.

Iran juga menyerukan agar Israel diselidiki oleh lembaga-lembaga nuklir internasional tentang persenjaan atom yang kemungkinan dimilikinya.

XS
SM
MD
LG