Tautan-tautan Akses

Situs Oposisi Iran: Teheran Tangkap Pengritik Ahmadinejad


Mehdi Khazali, blogger terkenal pengritik kebijakan Presiden Ahmadinejad.

Mehdi Khazali, blogger terkenal pengritik kebijakan Presiden Ahmadinejad.

Mehdi Khazali, seorang dokter dan blogger anti-pemerintah, ditahan dengan tuduhan melakukan tindakan menggangu keamanan nasional.

Situs-situs Internet oposisi di Iran mengatakan pihak berwenang telah menangkap putera seorang tokoh konservatif terkemuka yang selama ini dengan gigih mengritik Presiden Mahmoud Ahmadinejad yang berhaluan garis keras.

Situs Kaleme dan Rahesabz melaporkan bahwa Mehdi Khazali, seorang dokter dan blogger anti-pemerintah yang terkenal, sedang ditahan dengan tuduhan “melakukan tindakan yang bertentangan dengan keamanan nasional dan mengganggu pendapat umum.” Ia kabarnya ditangkap hari Rabu dan di-interogasi di Penjara Evin, Teheran.

Dalam tahun-tahun belakangan ini, Khazali menulis artikel yang dengan terbuka mengritik Ahmadinejad dalam blog-nya yang dibaca luas, dan beberapa di antaranya telah mendapat perhatian internasional. Ia telah mempertajam komentarnya dalam dua tahun ini, setelah ditolak menjadi calon dalam pemilihan legislatif Iran.

Khazali adalah putera Ayatollah Abolghasem Khazali, seorang anggota garis keras Majelis Pakar, dewan ulama yang mengawasi pekerjaan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei. Ayah Khazali telah mengharamkan tindakan puteranya.

XS
SM
MD
LG