Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad Mulai Kunjungan Pertama di Lebanon, Beri Dukungan bagi Hizbullah


Poster Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad terpasang untuk menyambut kedatangannya di Beirut.

Poster Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad terpasang untuk menyambut kedatangannya di Beirut.

Presiden Iran ini akan bertemu dengan Presiden Lebanon Michel Suleiman, Perdana Menteri Saad Hariri dan para pemimpin Hizbullah.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad berada di Lebanon dalam kunjungan untuk menemui para pemimpin Lebanon dan memberikan dukungan bagi militan Hizbullah yang memegang kontrol atas angkatan bersenjata paling kuat di negara itu.

Ahmadinejad tiba di bandara Beirut pada hari Rabu dalam kunjungan pertamanya di Lebanon sejak mulai memangku jabatan pada tahun 2005. Ribuan orang, sebagian besar pendukung Hizbullah, berkumpul di jalan-jalan dari bandara sampai ke ibukota itu untuk menyambut Presiden Ahmadinejad.

Bendera-bendera Iran, balon-balon dan potret-potret Ahmadinejad juga terpampang di sepanjang jalan menuju bandara.

Warga Libanon mengelu-elukan kedatangan Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad di Beirut hari ini.

Warga Libanon mengelu-elukan kedatangan Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad di Beirut hari ini.

Ahmadinejad telah bertemu dengan Presiden Lebanon Michel Suleiman, dan akan mengadakan pemcaraan dengan Perdana Menteri Saad Hariri dan para pemimpin Hizbullah. Iran yang berpenduduk mayoritas Syiah adalah pendukung terbesar kelompok militan Syiah tersebut.

Ahmadinejad memuji Lebanon bagi apa yang disebutnya "perlawanan" terhadap Israel. Dalam konferensi pers dengan Presiden Lebanon, Michel Suleiman hari ini, Ahmadinejad juga menyerukan diakhirinya apa yang disebutnya “pendudukan” Israel atas tanah-tanah Lebanon dan Palestina.

Dalam konferensi pers itu, Presiden Suleiman menyerukan agar hubungan bilateral kedua negara diperkuat. Iran adalah negara donor utama bagi Lebanon dan diduga akan menanam modal sebanyak 450 juta dolar dalam sektor-sektor energi dan air di Lebanon.

XS
SM
MD
LG