Tautan-tautan Akses

Tokoh Parlemen: Iran Segera Jalankan Pembangkit Tenaga Nuklir


Para pekerja di reaktor nuklir Bushehr sekitar 750 km jauhnya dari Tehran.

Para pekerja di reaktor nuklir Bushehr sekitar 750 km jauhnya dari Tehran.

Tehran mengatakan reaktor nuklir Bushehr, pembangkit 1.000 megawatt buatan Rusia, akan mulai menghasilkan energi awal tahun 2011

Seorang tokoh anggota parlemen Iran mengatakan Republik Islam itu berencana memuat bahan bakar ke dalam reaktor nuklir Bushehr hari Selasa. Langkah ini akan memperdekat Iran untuk menjalankan pembangkit tenaga nuklirnya yang pertama.

Aleddin Boroujerdi mengatakan bahan bakar itu akan dimasukkan ke dalam inti reaktor walaupun Amerika dan Uni Eropa telah mengenakan sanksi ekonomi terhadap Iran sebagai tanggapan atas program nuklirnya. Kantor berita Iran mengatakan perayaan akan diadakan untuk memperingati peristiwa tersebut hari ini.

Tehran mengatakan pembangkit 1.000 megawatt buatan Rusia itu akan mulai menghasilkan energi awal tahun 2011 dan bahwa peluncurannya menunjukkan Barat keliru menuduh Iran hendak membuat senjata nuklir.

Para pakar mengatakan penggunaan pembangkit 1 milyar dolar itu tidak akan memperdekat Iran untuk membuat bom nuklir karena Rusia memasok uranium yang sudah diolah bagi reaktor itu dan membawa pergi bahan bakar yang sudah terpakai yang dapat digunakan untuk membuat plutonium senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG