Tautan-tautan Akses

Yunani Resmi Keluar dari Program Dana Talangan


Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras berbicara di sebuah sesi parlemen di Athena, 14 Juni 2018.
Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras berbicara di sebuah sesi parlemen di Athena, 14 Juni 2018.

"Untuk pertama kalinya sejak awal 2010, Yunani bisa mandiri," kata dana penyelamat Mekanisme Stabilitas Eropa (ESM) ketika Athena, Senin (20/8), keluar dari program dana talangan internasional yang telah diikutinya selama tiga tahun.

Selama tiga tahun belakangan, ESM mengalokasikan sekitar $71 miliar setelah sebuah perjanjian yang dicapai Agustus 2015 untuk membantu negara itu mengatasi keterpurukan yang disebabkan krisis utang terus menerus.

"Hari ini kita bisa mengakhiri program ESM tanpa program-program lanjutan," kata Mario Centeno, kepala dewan gubernur ESM dalam pernyataan. "Ini bisa terjadi berkat upaya luar biasa dari rakyat Yunani, kerja sama yang baik dengan pemerintah Yunani dan dukungan dari mitra-mitra Eropa lewat dana pinjaman dan penghapusan utang."

Pada 2010, Yunani dinyatakan berisiko bangkrut setelah terbebani utang sangat besar, kerugian investasi dan tingkat pengangguran yang tinggi. Hampir $300 miliar dalam bentuk pinjaman darurat diberikan dalam tiga paket talangan dari dana talangan Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF). Sebagai imbalannya, Athena diwajibkan melakukan upaya-upaya penghematan dan reformasi. [vm/ii]


Recommended

XS
SM
MD
LG