Tautan-tautan Akses

Yunani dan Kreditor Rundingkan Dana Talangan Terakhir


Gubernur Bank Yunani, Yannis Stournaras memberikan sambutan dalam pertemuan tahunan pemegang saham bank di Athena, Yunani, 26 Februari 2018.

Pemerintah Yunani akan membuka babak terakhir pembicaraan reformasi dengan para kreditor, hanya beberapa bulan sebelum program pinjaman bantuan besar-besaran bagi negara itu akan berakhir.

Para pejabat pemerintah mengatakan bahwa pembicaraan dengan para wakil mitra Eropa Yunani dan Dana Moneter Internasional (IMF) di Athena, Senin (26/2) akan membahas swastanisasi dan energi.

Yunani telah menandatangani yang pertama dari pinjaman talangan milyaran dolar tahun 2010, setelah negara itu mengakui defisit anggaran yang jauh lebih besar dari yang dilaporkan semula dan para investor berhenti membeli obligasi Yunani.

Baca juga: Protes Pajak Baru, Pemimpin Agama Tutup ‘Tempat Tersuci’ Kristen

Untuk memperoleh dana pinjaman yang mempertahankan negara itu solven, negara tersebut telah memotong anggaran dan tunjangan sosial, menaikkan pajak dan mereformasi besar-besaran ekonominya.

Tetapi langkah tersebut memperburuk resesi yang melenyapkan seperempat ekonomi Yunani dan angka pengangguran melonjak. Dana talangan ketiga akan berakhir bulan Agustus. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG