Tautan-tautan Akses

Protes RUU Penghematan, Warga Yunani Lakukan Aksi Mogok


Polisi anti huru-hara Yunani mengamankan gedung parlemen dari aksi demonstrasi rusuh untuk memrotes RUU Penghematan di Athena, Senin (15/1).

Transportasi umum di Athena, ibu kota Yunani, lumpuh hari Senin (15/1) dan berbagai layanan di seluruh negara itu terganggu sementara serikat-serikat buruh Yunani melakukan aksi mogok untuk memprotes berbagai upaya yang dituntut kreditur yang akan ditentukan nasibnya di Parlemen.

Berbagai upaya reformasi baru itu termasuk syarat yang lebih ketat bagi serikat-serikat buruh untuk menyerukan aksi mogok, mempercepat proses penyitaan properti, dan membatasi tunjangan keluarga. Upaya-upaya itu penting bagi Yunani apabila ingin menerima dana talangan lagi.

Paket dana talangan itu diperkirakan akan disetujui Senin malam oleh para anggota parlemen dari koalisi sayap kiri yang berkuasa, meskipun partai-partai oposisi telah menolaknya.

Serikat-serikat buruh menghentikan seluruh transportasi umum di ibukota Yunani, sementara sekolah-sekolah negeri dan rumah sakit umum juga mengalami gangguan karena para guru dan dokter ikut dalam aksi mogok kerja. Puluhan penerbangan ditunda atau dibatalkan karena aksi walk-out tiga jam oleh para pengedali lalu lintas udara.

RUU penghematan setebal lebih dari 1.500 halaman itu diperkirakan akan menjadi paket besar terakhir yang mencakup pemotongan anggaran dan reformasi sebelum Yunani dengan resmi mengakhiri program dana talangan pada bulan Agustus. Negara itu telah bergantung pada tiga dana talangan yang sebagian besar didanai oleh para anggota zona euro lainnya, sejak 2010 setelah tidak mampu menggalang dana dalam pasar obligasi internasional. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG