Tautan-tautan Akses

Menteri Keuangan Portugis Terpilih Jadi Ketua Eurogroup


Menteri Keuangan Portugis, Mario Centeno (foto: dok).
Menteri Keuangan Portugis, Mario Centeno (foto: dok).

Menteri Keuangan Portugis, Mario Centeno, telah dipilih menjadi pemimpin Eurogroup, sebuah badan yang dibentuk oleh para menteri keuangan dari negara-negara pengguna mata uang Euro di kawasan itu.

Dalam pesan di Twitter setelah pemilihan itu, Uni Eropa mengatakan Centeno dipilih sebagai pemimpin baru Eurogroup dan akan mulai menjabat pada tanggal 13 Januari.

Centeno merupakan favorit untuk menggantikan pemimpin sebelumnya yang berasal dari Belanda – Jeroen Dijsselbloem – yang telah memimpin badan itu pada masa krisis selama hampir lima tahun. Centeno mengalahkan menteri keuangan Luksemburg Pierre Gramegna, menteir keuangan Slovakia Peter Kazimir dan menteri keuangan Latvia Dana Reizniece-Ozola.

Centeno akan mengambilalih kepemimpinan itu ketika negara-negara pengguna euro itu berada dalam kondisi yang jauh lebih baik dibanding yang dialami Dijsselbloem ketika menjabat.

Perekonomian tumbuh dengan kuat, sementara kekhawatiran mengenai masa depan Yunani di blok itu mereda dan musim panas mendatang negara itu siap untuk keluar dari masa-masa menerima dana talangan. [em/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG