Tautan-tautan Akses

Yayasan Bill Gates akan Donasikan Lebih Dari $300 Juta Untuk Tanzania di 2017


Bill dan Melinda Gates berbicara kepada reporter dalam sebuah konferensi pers mengenai yayasan milik pendiri Microsoft tersebut. (Foto: dok)

Bill Gates mengatakan yayasan miliknya berencana untuk medonasikan 300 juta dolar tahun ini untuk program-program kesehatan masyarakat dan pengentasan kemiskinan di Tanzania.

Dalam wawancara dengan Reuters, miliarder ini mengatakan bantuan-bantuan saat ini digunakan ``dengan cara yang lebih cerdas’’ di beberapa belahan dunia.

``Beberapa negara sudah mencatat kemajuan dalam upaya mengurangi kematian pada balita dan kemiskinan dan Tanzania adalah contoh yang bagus,’’ kata Gates di sela-sela kunjungan ke negara Afrika bagian barat.

``Saya melihat ada peluang untuk pemberantasan malaria dan HIV/AIDS, namun ini akan membutuhkan lebih banyak ilmu pengetahuan dan investasi.”

Yayasan Bill and Melinda Gates telah mendonasikan miliaran dolar untuk proyek-proyek bantuan di seluruh dunia beberapa tahun terakhir, kebanyakan dana tersebut disalurkan di Afrika.

Gates mengatakan dia berharap Kongres AS akan terus menolak rencana Presiden Donald Trump untuk memotong besar-besaran dana bantuan untuk pembangunan.

Sebuah panel Senat yang dipimpin oleh Partai Republik bulan lalu menolak rencana berbagai pengurangan dana tersebut.

``Trump memang mengusulkan pemotongan dana yang besar, namun Kongres menolak usulan-usulan tersebut. Mereka kemungkinan besar tidak akan memotong dana bantuan sebesar itu,’’ kata Gates.

Pemerintah AS pada bulan Mei menjanjikan 526 juta dolar paket dana bantuan tahun ini melalu Rencana Tanggap Darurat Kepresidenan untuk program Bantuan AIDS. [fw/ww]

XS
SM
MD
LG