Tautan-tautan Akses

Gates Nyatakan Keberhasilan Global Kurangi Kematian Anak


Bill Gates dan istrinya, Melinda Gates (foto: dok).
Bill Gates dan istrinya, Melinda Gates (foto: dok).

Dermawan Bill dan Melinda Gates menyoroti keberhasilan global dalam mengurangi angka kematian anak, sementara juga menganjurkan agar dilakukan lebih banyak upaya untuk vaksinasi anak-anak, mengatasi kekurangan gizi dan memberdayakan perempuan dalam masyarakat.

Dalam surat tahunan tentang pekerjaan yang dilakukan oleh yayasan mereka yang dirilis hari Selasa, pasangan itu di antaranya mengatakan upaya organisasi mereka dan lembaga-lembaga lain yang punya tujuan yang sama telah membantu menyelamatkan nyawa 122 juta anak sejak tahun 1990.

Surat itu mengatakan kekurangan gizi sebagai penyebab 45 persen kematian anak, dan sebagai sumber berbagai masalah seumur hidup, mulai dari pertumbuhan yang terhambat sampai perkembangan kognitif yang lebih lamban, dan kesempatan lebih besar tertular penyakit seperti pneumonia dan diare.

Bill dan Melinda Gates mengatakan cara paling sederhana untuk mengatasi kekurangan gizi yakni memastikan ibu menyusui anaknya selama enam bulan pertama sejak lahir. Menyusui juga merupakan bagian penting untuk mengatasi tingkat kematian bayi baru lahir, yang mereka katakan tidak membaik sejalan dengan meningkatnya penghasilan seperti halnya banyak faktor kesehatan lainnya.

Mengenai vaksin, surat tersebut mengatakan 86 persen dari seluruh anak di dunia kini mendapat paket dasar vaksin untuk mencegah difteri, tetanus dan pertusis. Persentase itu adalah yang tertinggi yang pernah pernah dicapai sejauh ini. [lt]

‚Äč
XS
SM
MD
LG