Tautan-tautan Akses

WNI Ditangkap Terkait Tewasnya Kakak Pemimpin Korut


Polisi berjaga-jaga dekat pintu masuk departemen forensik di rumah sakit di Kuala Lumpur (16/2).

Polisi di Malaysia mengatakan hari Kamis (16/2) mereka telah menangkap orang yang ketiga sehubungan dengan apa yang tampaknya pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Pihak berwenang mengatakan orang-orang yang ditangkap, antara lain, seorang perempuan berusia 25 tahun bernama Siti Aishah yang memegang paspor Indonesia dan ia dengan jelas dikenali dari gambar kamera keamanan bandara. Polisi juga menahan seorang pria yang memberi informasi yang menghasilkan penangkapan Siti Aishah.

Hari Rabu (15/2), polisi mengatakan mereka telah menahan seorang perempuan lainnya di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, yang memegang paspor Vietnam, dan mengatakan dia juga dengan jelas dikenali dari gambar kamera keamanan.

Korea Selatan, Rabu (15/2) mengukuhkan bahwa korban tersebut adalah kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-nam, yang pernah sebagai calon kuat untuk menjadi kepala negara, tetapi kemudian tidak disenangi ayahnya, Kim Jong Il, setelah ia berusaha memasuki Jepang dengan paspor palsu untuk mengunjungi Disneyland di Tokyo tahun 2001.

“Tampaknya sudah pasti bahwa orang yang tewas itu adalah Kim Jong-nam,” kata Jeong Joon-hee, juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan. [gp]

XS
SM
MD
LG