Tautan-tautan Akses

Malaysia Tangkap Tersangka Ketiga Pembunuhan Kim Jong-nam


Polisi berjaga-jaga dekat pintu masuk departemen forensik di rumah sakit di Kuala Lumpur (16/2).

Polisi Malaysia hari Kamis (16/2) menahan tersangka ketiga, seorang laki-laki Malaysia, dalam kaitan dengan pembunuhan Kim Jong-nam, abang tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, menurut seorang petugas.

"Ia ditahan untuk memfasilitasi penyelidikan karena ia pacar tersangka kedua," ujar Kepala Kepolisian Negara Bagian Selangor, Abu Samah Mat.

Ia mengacu pada seorang perempuan yang ditahan sebelumnya hari ini. Perempuan itu memegang paspor Indonesia. Hari Rabu, seorang tersangka dengan dokumen perjalanan Vietnam ditangkap.

Para pejabat Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan mereka meyakini salah satu tersangka adalah dari Indonesia, dan telah meminta akses konsuler terhadapnya.

Para penyelidik sedang berupaya menjalin semua detil kematian yang memicu gelombang spekulasi apakah Kim Jong-un telah mengirim pembunuh bayaran untuk membunuh abangnya yang terasing itu.

Para tersangka perempuan diidentifikasi menggunakan gambar kamera pengintai di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, tempat Kim Jong-nam tiba-tiba jatuh sakit Senin pagi sebelum sekarat dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Tidak jelas apakah kedua paspor tersangka perempuan, yang keduanya berusia 20an, itu asli atau apakah mereka pembunuh bayaran.

​Gambar dari kamera pengintai bandara yang dikukuhkan sebagai otentik oleh polisi, menunjukkan salah satu tersangka dalam kaos putih bertuliskan "LOL" di dada. [hd]

XS
SM
MD
LG