Tautan-tautan Akses

WHO Serukan Tindakan untuk Akhiri Praktik Perawatan Kesehatan Buruk


Zara Mahamat, balita yang menderita malnutrisi akut, mendapat perawatan di sebuah tenda yang dijadikan rumah sakit sementara di kota N'Gouri, Chad (foto: ilustrasi).
Zara Mahamat, balita yang menderita malnutrisi akut, mendapat perawatan di sebuah tenda yang dijadikan rumah sakit sementara di kota N'Gouri, Chad (foto: ilustrasi).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan tindakan segera untuk mengakhiri praktik perawatan kesehatan buruk yang berakibat kematian jutaan pasien di seluruh dunia setiap tahun.

Orang yang jatuh sakit pergi ke dokter atau masuk ke rumah sakit dengan harapan mendapat perawatan. Sayangnya dalam banyak kasus, perawatan yang mereka terima justru membunuh mereka.

WHO melaporkan satu dari 10 pasien mengalami hal buruk di negara-negara berpenghasilan tinggi.

Dikatakan, 134 juta pasien di negara berpenghasilan rendah dan menengah dirugikan karena perawatan berbahaya yang menyebabkan 2,6 juta kematian setiap tahunnya. WHO mencatat, sebagian besar kematian itu bisa dihindari.

Neelam Dhingra-Kuram adalah Koordinator WHO untuk Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko. Dia mengatakan, kerugian terjadi terutama karena diagnosa dan resep yang salah, penggunaan obat yang tidak tepat, prosedur pembedahan yang salah dan infeksi yang terkait dengan perawatan kesehatan.

"Tetapi alasan utama kematian adalah di dalam sistem fasilitas perawatan kesehatan tidak terdapat budaya keselamatan pasien. Dan itu berarti, kepemimpinan tidak cukup kuat ... Jadi, kurang komunikasi terbuka dan tiadanya sistem untuk belajar dari kesalahan. Maka, kalau ada kesalahan akan terjadi kerugian. Jika kita tidak belajar dari itu, maka benar-benar peluang akan hilang," ujarnya.

Dhingra-Kuram mengatakan, harus dibuat sistemdi mana petugas kesehatan didorong untuk melaporkan kesalahan dan tidak takut disalahkan karena melaporkan kesalahan.

Selain kehilangan nyawayang dapat dihindari, WHO melaporkan kerugian pasien menyebabkan kerugian ekonomi triliunan dolar setiap tahun di dunia. Dikatakan kesalahan dalam pengobatan saja diperkirakan menelan biaya $42 miliar per tahun. (ps)

XS
SM
MD
LG