Tautan-tautan Akses

AS

Warnock Jadi Orang Kulit Hitam Pertama yang Terpilih untuk Senat AS dari Georgia 


Pendeta Raphael Warnock dari Partai Demokrat melambaikan tangan ke arah massa dalam kampanye di Savannah, Georgia, 3 Januari 2021.

Pendeta Raphael Warnock, seorang pendeta di gereja Atlanta yang sama di mana ikon hak-hak sipil Martin Luther King, Jr. pernah berkhotbah, menjadi orang kulit hitam pertama yang terpilih menjadi anggota Senat AS dari negara bagian Georgia.

Warnock, 51 tahun, yang mengalahkan petahana dari Partai Republik Kelly Loeffler dalam pemilihan putaran kedua pada Selasa (5/1), juga merupakan seorang Demokrat kulit hitam pertama yang mewakili negara bagian itu di Senat.

“Saya berdiri di hadapan Anda sebagai orang yang tahu bahwa perjalanan yang hampir mustahil yang membawa saya ke tempat ini pada momen bersejarah di Amerika ini hanya bisa terjadi di sini,” kata Warnock dalam pidato kemenangannya secara virtual.

“Kita diberitahu bahwa kita tidak bisa memenangkan pemilihan ini. Tapi malam ini, kita membuktikan bahwa dengan harapan, kerja keras, dan orang-orang di sisi kita, segalanya menjadi mungkin.”

Penduduk asli Savannah itu tumbuh di perumahan yang dibiayai pemerintah untuk keluarga berpenghasilan rendah. Lulusan Morehouse College, sebuah perguruan tinggi yang secara historis diperuntukkan bagi pria kulit hitam di Atlanta, Warnock memperoleh gelar doktor filsafat dari Union Theological Seminary, sebuah perguruan yang berafiliasi dengan Universitas Columbia. Dia telah menghabiskan 15 tahun terakhir sebagai pendeta senior di Gereja Baptis Ebenezer Atlanta, yang dianggap sebagai rumah spiritual Martin Luther King.

Lebih dari 4 juta warga Georgia memberikan suara dalam pemilihan ulang pada Selasa (5/1) untuk dua kursi Senat negara bagian yang dipertaruhkan dan hasilnya mempengaruhi kendali mayoritas Senat Amerika.

Sementara Warnock mengalahkan Loeffler, penantang Demokrat Jon Ossoff mengalahkan Senator Republik David Perdue – menghasilkan seri 50-50 di Senat dengan 100 kursi. Karena Wakil Presiden terpilih Kamala Harris berhak untuk memberikan semua suara penentuan setelah dia menjabat, Demokrat akan dapat merebut kembali kendali Senat dari Partai Republik.

Georgia adalah benteng lama Partai Republik. Pada November lalu, Presiden terpilih Joe Biden adalah Demokrat pertama yang menang di Georgia dalam 28 tahun. [lt/pp]

XS
SM
MD
LG