Tautan-tautan Akses

AS

Biden akan Berkampanye untuk Kandidat Senat Demokrat di Georgia


Kandidati Senat AS dari partai Demokrat, Jon Ossoff, berkampanye di Atlanta, Georgia

Presiden terpilih Amerika Joe Biden akan berkampanye Selasa (15/12) depan di negara bagian Georgia untuk dua kandidat Senat Demokrat yang terlibat dalam pemilihan penting putaran kedua bulan depan yang akan menentukan apakah Demokrat atau Republik mengontrol Senat selama dua tahun pertama kepresidenan Biden.

Biden Kamis (10/12) mengatakan dia akan tampil bersama para kandidat - pembuat film dokumenter investigasi Jon Ossoff dan pendeta Raphael Warnock – di Atlanta, ibu kota negara bagian dan kota terbesar di Georgia.

Kedua calon Demokrat itu menghadapi anggota Senat petahana dari Partai Republik dalam pemilihan 5 Januari – Ossoff melawan Senator David Perdue dan Warnock menghadapi Senator Kelly Loeffler.

Jajak pendapat di negara bagian itu menunjukkan bahwa kedua pemilihan tersebut diperebutkan dengan ketat.

Presiden Donald Trump dan Wakil Presiden Mike Pence telah berkampanye di negara bagian itu atas nama Perdue dan Loeffler. Wakil Presiden Mike Pence akan melakukan kunjungan lagi ke negara bagian itu untuk berkampanye Kamis malam.

Partai Republik saat ini memiliki keunggulan 50-48 atas Demokrat di Senat Amerika yang mulai menjabat pada awal Januari. Partai Republik harus memenangkan setidaknya satu dari dua kursi Senator dari Georgia untuk mengambil kendali langsung, yang akan memberi partai itu mayoritas di semua komite Senat dan hak untuk menetapkan agenda Senat.

Partai Demokrat perlu memenangkan kedua kursi untuk mencapai posisi 50-50, yang akan memberi Wakil Presiden terpilih Kamala Harris suara yang menentukan untuk mendukung Demokrat dan mayoritas setelah Biden dan Harris dilantik pada 20 Januari.

Georgia telah lama menjadi benteng Republik, tetapi Demokrat telah memperoleh keuntungan besar dalam pendaftaran pemilih sehingga mengubah negara bagian itu menjadi medan pertempuran politik di mana suara Demokrat dan Republik imbang. [lt/jm]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG