Tautan-tautan Akses

AS

Partai Demokrat Menangkan Putaran Kedua Senat AS di Georgia


Dua kandidat Senator AS dari Partai Demokrat: Jon Ossoff dan Raphael Warnock memenangkan pemilihan di negara bagian Georgia.

Raphael Warnock dari Partai Demokrat memenangkan satu dari dua persaingan ketat Senat di negara bagian Georgia, menempatkan kendali Senat semakin dekat ke partai Demokrat. Warnock juga menjadi kulit hitam pertama dari Demokrat yang memenangkan kursi Senat di bekas negara bagian Konfederasi itu.

Warnock, pendeta dari gereja di Atlanta, Georgia, yang pernah dipimpin tokoh hak-hak sipil Martin Luther King Jr., mengalahkan petahana dari Partai Republik, Kelly Loeffler. Kemenangan Warnock dalam pemilihan itu dinyatakan Edison Research dan kantor berita Associated Press pada Rabu pagi, setelah kedua kandidat bersaing ketat semalam.

Dalam pemilihan lainnya juga untuk Senat Georgia, kandidat Partai Demokrat Jon Ossoff masih unggul tipis dari Senator Republik David Perdue, yang masa jabatan enam tahunnya berakhir pada hari Minggu. Ossoff, mantan asisten kongres dan produser dokumenter televisi, mengklaim kemenangan Rabu pagi, tetapi perbedaan perolehan suara terlalu tipis untuk menentukan pemenang.

Kalau Ossoff menang, Demokrat akan menguasai kendali Senat, meningkatkan peluang Presiden terpilih Joe Biden dan anggota parlemen Demokrat untuk lebih mudah memberlakukan agenda legislatif mereka.

Warnock dan Ossoff membutuhkan partisipasi besar dari para pemilih warga kulit hitam, seperti terjadi terhadap Biden dua bulan lalu, ketika popularitasnya di kalangan pemilih kulit hitam dan kelompok minoritas lain memungkinkan Biden merebut 16 suara elektoral Georgia dengan hampir 12.000 dari 5 juta suara yang diberikan.

Kemenangan Warnock juga menegaskan perubahan politik selama bertahun-tahun di Georgia, di mana semakin banyak kelompok minoritas dan warga berpendidikan perguruan tinggi mengubah negara bagian itu yang lama didominasi kubu Partai Republik.

“Georgia berada di tempat yang luar biasa kalau melihat tonggak sejarah kita,” kata Warnock, Rabu, dalam acara di stasiun TV ABC, “Good Morning America.” Ini adalah kebalikan dari strategi lama negara bagian di Selatan ini yang hendak memecah belah rakyat.”

Presiden terpilih Biden dengan cepat memuji Warnock dan Ossoff pada hari Rabu, meskipun Ossoff belum diumumkan sebagai pemenang.

“Saya mengucapkan selamat kepada rakyat Georgia, yang sekali lagi mencetak rekor untuk memberikan suara, seperti yang mereka lakukan pada November, untuk memilih dua senator baru, menuntut aksi nyata, dan menyerukan para pemimpin terpilih untuk mengakhiri kebuntuan dan menggerakan kita semua maju sebagai bangsa,” kata Biden dalam pernyataan. [mg/ka]

XS
SM
MD
LG