Tautan-tautan Akses

Wapres AS Lakukan Kunjungan ke Kamp Konsentrasi Dachau


Wapres AS, Mike Pence, keempat dari kiri, dan istrinya Karen, ketiga dari kiri, berkunjung ke lokasi peringatan di bekas kamp konsentrasi Nazi di Dachau, dekat Munich, Jerman selatan (19/2). (foto: AP Photo/Matthias Schrader)

Dengan didampingi istrinya, Karen Pence, dan putrinya, Charlotte, Wapres AS, Mike Pence, hari Minggu berkunjung ke lokasi kamp konsentrasi Dachau di mana puluhan ribu orang menemui ajalnya pada masda Perang Dunia Kedua.

Wakil Presiden Amerika melakukan kunjungan yang hikmat ke tempat kamp konsentrasi Dachau hari Minggu, berjalan dekat lokasi dimana puluhan ribu orang dibunuh pada masa Perang Dunia Kedua.

Pence disertai oleh Isterinya, Karen Pence, dan putri mereka Charlotte yang berusia 23 tahun, menyaksikan pameran di bekas kamp konsentrasi yang dibangun oleh Nazi tahun 1933 dekat Munchen.

Wakil Presiden Amerika itu didampingi oleh Abba Naor, orang yang berhasil selamat dari kamp itu, dan para pejabat tinggi lainnya sementara melintasi gerbang besi yang kuat yang bertuliskan,”Arbeit macht Frei,” yang artinya “Pekerjaan membebaskanmu.” Suami-isteri Pence meletakkan karangan bunga di bawah Tugu Peringatan Internasional di tengah kamp itu, meninjau barak dan menyaksikan tungku di dalam ruang pembakaran mayat.

Suami-isteri Pence juga singgah di tugu peringatan agama di tempat tersebut dan kemudian menghadiri kebaktian gereja di kompleks kamp itu.

Lebih dari 200 ribu orang dari seluruh Eropa ditahan di Dachau, dan lebih dari 40 ribu orang tahanan meninggal dunia disana. Kamp tersebut dibebaskan oleh pasukan Amerika bulan April tahun 1945.

Mantan Wakil Presiden Joe Biden mengunjungi Dachau dalam perlawatan ke Jerman tahun 2015.

Dalam perlawatan pertamanya ke luar negeri sebagai wakil presiden, Pence berpidato di hadapan para diplomat asing dan para pejabat pertahanan dalam Konferensi Keamanan Munchen hari Sabtu dan bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan para pemimpin dunia lain.

Pence berangkat kemudian ke Brussels hari Minggu untuk bertemu hari Senin dengan para pejabat NATO dan Uni Eropa. [gp]

XS
SM
MD
LG