Tautan-tautan Akses

Amerika Tegaskan Dukungan Kuat untuk NATO


Wapres AS Mike Pence menyampaikan pidato pada Konferensi Keamanan di Munich, Jerman, 18 Februari 2017. (AP Photo/Matthias Schrader)

Wakil Presiden Amerika dalam Konferensi Keamanan di Munich, Jerman, Sabtu (18/2), mengatakan bahwa Amerika Serikat tetap mendukung kuat persekutuan trans-Atlantik.

Mike Pence mengatakan NATO “harus dominan dalam dunia maya sebagaimana kita dalam dunia fisik” untuk memerangi kelompok-kelompok seperti ISIS, yang katanya “kejahatan paling besar dari semuanya” dan “telah menunjukkan kekejian yang tidak pernah terlihat sejak Zaman Pertengahan.”

Pence berusaha memberi jaminan kepada para sekutu bahwa Amerika mendukung NATO setelah ucapan oleh Presiden Amerika Donald Trump mengenai kekagumannya pada Presiden Rusia Vladimir Putin dan kecamannya mengenai NATO pada masa ketidakpastian sedunia seperti sekarang ini. Pemerintah negara-negara Eropa telah khawatir oleh ucapan Trump itu.

Pence berjanji bahwa Amerika Serikat akan “menuntut pertanggungjawaban Rusia.”

Pence juga mengatakan kepada para anggota NATO itu bahwa Trump mengharapkan para anggota NATO memenuhi kewajiban keuangan mereka pada NATO. Ia mengatakan hanya Amerika Serikat dan empat negara lain telah memenuhi tanggung jawab keuangan mereka kepada NATO.

Pence akan bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, beberapa pemimpin Eropa timur, serta Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov juga akan berpidato dalam konferensi itu hari Sabtu.

Hari Jumat, Menteri Pertahanan Amerika Jim Mattis mengatakan dalam konferensi di Munchen itu bahwa keamanan Amerika terikat dengan keamanan Eropa, dan menggambarkan azas pertahanan kolektif NATO sebagai dasar janji yang tak tergoyahkan. [gp]

XS
SM
MD
LG